Teknologi Informasi BMT Al-Fath IKMI

Teknologi Informasi BMT Al-Fath IKMI

 

Alhamdulillah, BMT Al-Fath IKMI sudah menerapkan berbagai macam teknologi informasi untuk mempermudah pekerjaan. Dari sisi hardware, perlengkapan yang dipakai sudah menunjang semua pekerjaan yang ada pada BMT Al-Fath IKMI. Dari sisi software juga menggunakan piranti lunak dan Operating System yang legal dan halal, baik itu yang merupakan jenis freeware maupun software berbayar. Sebagai lembaga yang menjalankan ekonomi dengan prinsip syariah, sudah seharusnya jika software yang digunakannya juga legal dan halal, tidak menggunakan software bajakan yang ilegal.

 

Dari sisi web, BMT Al-Fath IKMI mengembangkan dan mempublikasi website bmtalfath.com yang berisi informasi resmi mengenai BMT Al-Fath IKMI.

 

Dari sisi core system software, BMT Al-Fath IKMI mengembangkan sendiri sistem BMT yang digunakan sehari-hari, yaitu sistem untuk BMT dan sistem untuk pengelolaan sumber daya insani.

  1. BaitulMaalWatTamwil Information System Application
    • Adalah software desktop untuk sistem BMT Al-Fath IKMI meliputi Customer Service, Teller, Back Office, Laporan Keuangan, dan lain-lain.
    • Menu CS dan Teller sudah dilengkapi fasilitas upload foto wajah dan tanda tangan.
    • Sudah online (terhubung via internet dan bisa diakses dari mana saja).
    • Fiturnya dapat bertransaksi cabang lokal maupun transaksi antar cabang. Jadi Anggota dapat melakukan setor/penarikan simpanan dan setor angsuran di cabang BMT Al-Fath IKMI yang mana saja.
    • Fitur barunya adalah EOM konsolidasi sehingga porsi pendapatan akan dikumpulkan dan dibagi secara proporsional berdasarkan nisbah yang sama sesuai dengan ketentuan BMT Al-Fath IKMI.
       Sistem BMT Al-Fath IKMI

       

  2. SuDaI-S (Sumber Daya Insani - System)
    • Adalah software desktop untuk sistem pengelolaan karyawan (pengelola) BMT Al-Fath IKMI meliputi data karyawan, rekap kehadiran dan cuti, evaluasi penilaian, dan lain-lain.
    • Sudah online (terhubung via internet dan bisa diakses dari mana saja).SuDaI-S

 

Insya Allah, BMT akan terus melanjutkan penerapan teknologi informasi supaya kinerja BMT Al-Fath IKMI dapat lebih optimal dan lebih baik lagi.